Peranan Laut Indonesia dalam Sejarah Hindu-Buddha

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi laut yang cukup luas. Dengan luas kawasan sekitar 7,7 juta km². Yang menjadikan negara Indonesia sebagai negara dengan teritorial laut terluas di dunia dengan keseluruhan garis pantai sepanjang 80.791 km. Luas lautan Indonesia lebih luas dibanding daratan. Sekitar 5,8 juta km² (75%) luas wilayah Indonesia merupakan perairan, sedangkan daratannya hanya seluas 1,9 juta km² (25%).


Peran Laut pada Masa Hindu-Buddha

Laut sebagai sarana transportasi. Indonesia dijadikan sebagai sarana transportasi perdagangan melalui jalur sutra.
Masyarakat di zaman Hindu-Budha berdagang dan menyebarkan agama Hindu dan Buddha di Indonesia. Laut berfungsi sebagai jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan antar wilayah di Indonesia pada zaman tersebut dan negara-negara lain di dunia seperti India, Cina (Tiongkok) dan lain-lain.


Peran Laut pada Saat ini

a. Sebagai Pengontrol Iklim Bumi

Laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol iklim di Bumi. Karena laut memindahkan panas dari daerah ekuator menuju ke kutub. Tanpa peranan laut, maka hampir keseluruhan planet Bumi akan menjadi terlalu dingin bagi manusia untuk hidup.

b. Sebagai Tempat Olahraga, Sarana Rekreasi dan Pariwisata

Sebagai sebuah negara tropis, panorama laut Indonesia sangat luar biasa indah dan dapat dijadikan pusat wisata bahari sehingga dapat menambah devisa negara.

c. Sarana transportasi

Saat ini laut sebagai sarana transportasi juga sangat penting untuk menghubungkan antar pulau di Indonesia, terlebih lagi transportasi laut terilang lebih murah. Pada masa pemerintahan presiden Jokowi-JK ini diwacanakan TOL LAUT, yaitu sarana transportasi laut menggunakan kapal kapal untuk mengangkut barang barang. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi ketimpangan harga bahan pangan antar pulau.

d. Sumber pangan

Laut Indonesia juga berperan dalam sumber pangan khususnya protein hewani dalam bentuk ikan dan hasil laut lainya. Bahkan bangsa Indonesia mampu mengekspor ikan dan hasil laut lainya ke mancanegara. Indonesia juga berhasil dalam mengembangkan usaha perikanan baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk tujuan tujuan ekspor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hiroshima, Nagasaki, dan menyerahnya Jepang

Warisan Penjajahan Jepang yang Masih Hidup di Indonesia

Dasar Politik Ekspansi Raja Kertanegara dan Gajah Mada